Revolusi industri 4.0 di Indonesia ditandai dengan hadirnya internet yang eksis sampai ke pelosok negeri. Di samping itu terlihat dari meningkatnya konektivitas, interaksi antara manusia, mesin dan sumber daya lainnya melalui teknologi.

Hadirnya revolusi industri 4.0 memberikan kemajuan pesat di banyak sektor serta kemudahan untuk menjangkau barang/jasa dari satu tempat ke tempat lainnya. Industri offline yang selama ini sangat digemari banyak orang sekarang beralih ke industri online.

Sebagai contoh toko pakaian, elektronik, dan perlengkapan lainnya saat ini sudah banyak terjun ke dunia online. Barang yang berada di seberang pulau dapat dengan mudahnya tiba dengan pemesanan secara online atau internet.

Tentunya hal ini berbeda jauh dengan dulu, untuk menjangkau suatu produk barang dan jasa, konsumen harus hadir atau datang ke tempat penjualan. Mungkin jarak jadi kendala dan kurang fleksibel bagi penjual untuk meraup margin yang lebih tinggi.

Revolusi industri 4.0 banyak merubah wajah perusahaan atau entrepreneur saat ini. Mau tidak mau, perusahaan akan beralih ke internet untuk menjajakan barang dagangannya agar menghasilkan pemasukan yang tetap atau bahkan lebih.

Perusahaan barang dan jasa berbondong-bondong untuk mempresentasikan produknya ke dunia online. Baik secara marketplace atau jenis pasar lainnya. Tak hanya itu, promosi produk juga sudah beralih ke dunia internet.

Promosi produk di dunia online jauh lebih murah dibanding dengan televisi nasional yang konon sampai ratusan juta. Oleh karena itu, peran reviewer, content writer atau blogger menjadi penting untuk penulisan setiap produk yang akan dipromosikan.

Tak aneh kalau saat ini ribuan blogger pemula hadir meramaikan dunia online untuk berbagai pekerjaan yang ingin diraih. Hadirnya revolusi industri ini memberikan keuntungan tersendiri untuk para blogger.

Kalau dulu, blogger hanya di ‘cap;’ sebagai tukang curhat menyampaikan berbagai ‘unek-unek’ melalui tulisan, maka saat ini blogger adalah sebuah profesi. Profesi yang menjanjikan bahkan memperoleh penghasilan lebih besar dibanding pekerja kantoran yang memiliki disiplin waktu kerja.

Profesi sebagai blogger baik full time atau tidak merupakan profesi yang tidak mudah. Banyak tantangan yang dihadapi seorang blogger untuk tetap eksis menulis di dunia online.

Tantangan hadir dari intern maupun ekstern. Masalahnya, tantangan internal lebih mendominasi seorang penulis. Seperti mood yang naik turun, ide yang ‘mentok’ bahkan kreativitas yang tenggelam. Oleh karena itu, tantangan internal terlebih dahulu harus diselesaikan sebelum mengalahkan tantangan dari luar.

Sebagai blogger pemula dalam arti baru sekitar 3 (tiga) tahun fokus di dunia blog banyak sekali hal yang menghambat untuk mengembangkan sayap. Apalagi setelah 6 (enam) bulan lalu berhenti menjadi karyawan kantor maka blogger adalah pekerjaan utama saat ini.

Tak mau menyia-nyiakan profesi ini maka dibutuhkan kerja keras yang lebih. Apalagi hadirnya revolusi industri 4.0 menuntut para blogger lebih profesional dalam menyajikan berbagai tulisan dan data.

Bagi kebanyakan blogger senior, mungkin menghasilkan ide tulisan tidak terlalu sulit. Namun, bagi blogger pemula yang masih meraba dunia online maka mau tidak mau  harus belajar banyak hal.

Blogger yang cerdas dan cermat dalam menghasilkan karya sangat dibutuhkan di era ini. Pasalnya, tuntutan pembaca sangat banyak dan tentunya pembaca hadir dari berbagai kalangan.

Enggak kebayang, jika tulisan yang dihasilkan dalam mengulas sebuah produk dari klien terkesan ringan bahkan kurang berbobot. Atau tak jarang tulisan tersebut terkesan monoton. Bukannya menambah nilai sebuah produk di mata konsumen, malah sebaliknya.

Nah, kejadian ini yang membuat klien akan ‘ogah’ untuk menggunakan jasa para blogger kembali. Jika hal ini terjadi tentunya, kredibilitas sebagai reviewer, content writer, blogger atau lainnya akan menurun.  

Di samping cerdas dan cermat dengan berbagai pengetahuan yang harus dipelajari setiap hari, maka blogger harus mengerti setidaknya dunia desain, membuat video tutorial, bahkan sampai kepada follower media sosial yang ‘bejibun’.

Karena tuntutan produsen di era ini jauh lebih tinggi dibanding dulu. Kalau dulu hanya bermodalkan tulisan maka pembaca akan duduk manis membaca dari A-Z dan mengerti maksud dan tujuan penulisan.

Sekarang, sebuah tulisan akan terasa lebih hidup jika disematkan berbagai gambar, infografis, video atau tutorial lainnya. Tidak hanya full dengan kata-kata yang membuat pembaca bosan dan beralih ke situs lain sebelum selesai membaca.

Transformasi industri yang super cepat dan disruptif membuat berbagai layanan barang dan jasa juga semakin bergairah di dunia online. Oleh karena  itu, blogger tidak akan menyia-nyiakan kepercayaan klien dalam memberikan tulisan yang spektakuler, bermanfaat dan disukai oleh mesin pencari halaman.

Untuk para blogger pemula seperti saya, ada rasa ‘was-was’ saat menghadapi era revolusi industri 4.0. Namun, jika tidak dihadapi dengan pembenahan sebagai blogger yang profesional maka lambat laun akan tenggelam di era ini.  

Mirisnya, sebagian orang menggantungkan penghasilannya sebagai blogger. Tentunya hal ini menjadi poin penting dalam melakukan hal terbaik untuk menghasilkan kualitas konten yang mumpuni.

Berdasarkan pengalaman selama menjadi blogger pemula maka berikut 7 (tujuh) tips yang harus dilakukan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 sehingga tulisan dapat disenangi para pembaca di berbagai kalangan:

    1. Memahami Konsep Penulisan

    Pertama dan utama sebagai seorang blogger adalah memahami apa yang akan ditulis. Sebagian blogger sering bingung mau menulis apa tentang suatu tema. Alhasil, tulisan tidak fokus dan lari dari tujuan utama.

    Untuk itu, perlu adanya latihan secara terus menerus agar terbiasa mengembangkan satu ide tulisan dengan struktur yang rapi dan terarah sehingga mencapai goal sebuah tulisan. Terlebih jika tulisan tersebut adalah pesanan dari klien atau content placement.

    Setelah memahami apa yang akan ditulis maka blogger dapat dengan mudah bercerita dan mengembangkan ide. Kemudian hal penting lainnya adalah tata bahasa.

    Tata bahasa yang baik dan lugas serta tulisan yang sesuai dengan rambu-rambu EYD maka akan menambah poin tersendiri bagi seorang blogger. Tak jarang, blogger di ‘cap’ tidak tahu menempatkan awalan, kata depan, penulisan unsur serapan dan sebagainya.

    Sedari itu, sebagai blogger pemula lebih sering membaca ketentuan bahasa Indonesia yang benar. Serta menambah referensi tulisan melalui blogwalking agar menambah wawasan terkait penulisan dari berbagai latar belakang penulis.

    Di samping itu, blogger wajib memahami berbagai tulisan yang dikunjungi banyak pembaca. Biasanya, tulisan yang menarik selain sesuai dengan rambu EYD, tulisan tersebut juga tidak terkesan kaku artinya mengalir dengan jalur yang benar.

    2. Memulai Belajar Desain & Video Editing

    Dewasa ini, tak jarang produsen meminta blogger membuat video tambahan untuk menambah kesan menarik dalam promosi atau soft selling dari sebuah produk. Namun, bagaimana mungkin permintaan tersebut dapat dipenuhi jika membuat infografis atau video saja tidak pernah.

    Oleh karena itu, untuk menjawab tantangan dari para klien di era revolusi 4.0 ini adalah belajar desain, membuat video serta melakukan editing. Pasalnya, pelaku bisnis saat ini ingin menempatkan barang/jasa yang ingin mereka promosikan melalui blog juga dapat dipromosikan melalui youtube.

    Cari tambahan pengetahuan mengenai dunia desain, infografis serta tutorial membuat konten video yang menarik. Kumpulkan data sebanyak-banyaknya lalu eksekusi. Dimulai dari infografis atau video yang sederhana.

    3. Memiliki Akun Youtube

    Akun youtube menjadi penting bagi seorang blogger. Walaupun bukan menjadi pesaing Ria Ricis yang memiliki subscriber sampai belasan juta, setidaknya akun youtube blogger untuk memenuhi permintaan produsen dari jenis produk yang diulas atau syarat ketentuan jika sedang mengikuti sebuah perlombaan blog.

    Akun youtube ini dalam jangka waktu panjang juga akan menjadi aset tambahan bagi seorang blogger. Bertambahnya subscriber maka lambat laun akan memberikan penghasilan tambahan juga.

    4. Meningkatkan Follower Sosial Media

    Sosial media merupakan sarana yang ampuh dan pas untuk kegiatan promosi tulisan. Di Indonesia sendiri, hampir semua konsumen memiliki sosial media.

    Oleh karena itu, seorang blogger harus berusaha meningkatkan jumlah follower setiap waktu. Apalagi akhir-akhir ini, produsen sudah mematok berapa follower yang dimiliki untuk mendapatkan job penulisan atau sebagai influencer/buzzer.  

    Apalagi jika follower kita tidak maksimal, walaupun tulisan sudah paripuna maka sangat sulit untuk mendulang para pembaca. Sehingga media sosial adalah sarana yang tepat dan cepat dalam mempromosikan tulisan yang mengandung produk ulasan.

    Cara umum dan terbukti ampuh untuk meningkatkan real follower adalah dengan mempromosikan akun sosial media ke setiap media sosial lainnya. Di samping itu, blogger dapat ‘menjemput bola’ terlebih dahulu yaitu dengan mengikuti beberapa komunitas, berkenalan dan mencari tahu media sosial mereka. Biasanya sesama komunitas atau grup akan saling men-follow.

    5. Memiliki Blog TLD (Top Level Domain)

    Sebelum mengenal bahwa blog dapat digunakan sebagai sarana penghasilan maka blog yang digunakan adalah blog gratisan. Namanya, juga gratis maka daya pikat produsen juga tidak terlalu besar.

    Oleh karena itu, blogger yang ingin dilirik berbagai produsen maka mulailah untuk meningkatkan domain gratis menjadi domain berbayar. Umumnya, domain akan lebih elegan dengan .com/.id/.co.id/.net dan sebagainya.

    6. Memaksimalkan SEO

    Banyak hal yang diperhatikan untuk meningkatkan SEO blog yang sedang kita kelola. Pentingnya SEO ini adalah menambah nilai di mata produsen saat ingin bekerjasama dengan blogger.

    Tentunya, jika blog kita juga cukup famous di internet melalui pencarian google dan lainnya maka harga yang ditawarkan juga cukup tinggi. Apalagi artikel yang dibuat sering nangkring di posisi 10 besar dalam pencarian.

    Sebagai blogger pemula, mulailah dengan hal-hal sederhana namun memberikan manfaat besar untuk menaikkan rating blog. Berikut beberapa usaha yang sedang dilakukan dalam meningkatkan SEO:

    Artikel di atas 1500 kata. Mesin pencari di internet suka dengan artikel yang panjang dan komperehensif. Tapi tidak juga untuk mengejar target 1500 kata, isi dari sebuah artikel ‘ngalur ngidul’. Oleh karena itu, perlu adanya usaha dan belajar lebih lagi untuk bercerita, memperoleh tulisan yang berisi dan mendalam.

    Judul artikel yang eye cactching. Setiap judul yang menarik mampu memikat pembaca untuk meng-klik artikel tersebut. Usahakan judul memang sesuai dengan isi dan tidak ‘nyeleneh’ dan berbeda dengan isi artikel.

    Percantik artikel dengan berbagai foto atau infografis serta video agar memacu daya pikat pembaca. Serta memikat pengunjung untuk kembali ke blog yang dimiliki.

    Miliki komunitas blogwalking  dimana sesama anggota dapat saling membaca artikel, menambah pengetahuan serta meninggalkan jejak di artikel tersebut.

    Lakukan promosi berkali-kali di semua media sosial agar pembaca dapat ‘ngeh’ kalau blogger sedang menulis artikel yang temanya mungkin dibutuhkan oleh pembaca tersebut.

    Belajar untuk menempatkan backlink di website atau blog lain. Dalam hal ini mungkin ada artikel teman blogger lainnya yang memang berkenaan atau membutuhkan informasi tambahan dari artikel yang kita miliki, maka dapat menempatkan backlink di artikel tersebut.

    Demikian pula, jika dalam artikel yang ditulis berkenaan dengan artikel sebelumnya yang pernah ditulis maka dapat disisipkan link tersebut. Sehingga semakin banyak pembaca yang tertarik untuk mengulik bahkan ‘mengubek-ubek’ blog yang kita miliki.

    7. Memiliki Hosting Terbaik

    Pamungkas dari semua tips adalah bagaimana seorang blogger sukses secara online membangun blog nya dan dapat eksis dalam revolusi 4.0 ini adalah memiliki hosting terbaik. Hosting asli Indonesia yang terkenal dan memiliki kredibilitas diakui.

    Sebagai blogger pemula tentunya belum memiliki modal yang cukup untuk membeli domain dan hosting. Oleh karena itu,  Niagahoster hadir untuk membantu para blogger membangun kesuksesan online di era revolusi indutri 4.0 ini.

    Tak perlu kuatir, di Niagahoster menyajikan domain murah untuk blogger pemula. Untuk .com hanya Rp125.000 dan untuk .id hanya Rp115.000 per tahun. Jadi bisa dikatakan bayarnya hanya Rp10.500/bulan. Blogger sudah dapat menyajikan blog dengan TLD (Top Level Domain) yang umumnya menambah nilai dari sebuah blog.

    Menariknya, di Niagahoster menawarkan paket hosting mulai dari Rp8.000/bulan dan dengan paket Rp38.900/bulan sudah domain gratis dan disk space unlimited. Wow murah kan, jadi untuk blogger pemula seperti saya dapat untung banyak kalau memulai hosting di Niagahoster.

    Di samping itu, fitur hosting yang ditawarkan oleh Niagahoster adalah datacenter tier 4 yang canggih. Untuk hosting pelajar, personal dan bisnis akan mendapatkan domain gratis selamanya serta uptime 99,99% dan garansi 30 hari uang kembali.

    Niagahoster juga dipacu dengan server IIX yaitu teknologi yang mampu mengoptimalkan WordPress, Joomla, Drupal dan website PHP. Berikut 9 (sembilan) alasan, blogger pemula wajib memilih Niagahoster yaitu:

    Server Indonesia Terbaik

    Web Hosting dengan Server Indonesia terbaik & canggih yang disimpan di Datacenter tier-4 DCI Indonesia.

    Technical Support 24/7

    Bantuan technical support berpengalaman yang siap membantu segala pertanyaan dan permasalahan seputar layanan web hosting yang anda miliki.

    Harga Hosting Termurah

    Dapatkan paket Hosting Unlimited Server Indonesia dengan Diskon Terbaik & Jaminan Harga Termurah di Kelasnya.

    Domain dan SSL Gratis

    Dapatkan Domain & sertifikat SSL GRATIS untuk setiap pembelian paket Web Hosting.

    Keamanan Server yang Canggih

    Sistem keamanan ekstra dan BitNinja Smart Server Security yang akan melindungi website Anda dari serangan Hacker, DDos, Spam dan Malware perusak.

    Komisi Afiliasi Menarik

    Ajak orang lain menggunakan layanan Web Hosting Niagahoster & dapatkan komisi penjualan sebesar 70%!

    1 Click Script

    WordPress, Joomla, Opencart, Prestashop, Moodle, Magneto, dan lebih dari 280 script web lainnya. Semuanya dapat Anda instal hanya dengan 1 Klik.

    cPanel Terlengkap

    Hosting murah berkualitas dengan fitur terlengkap. Softaculous, Site Builder, Email, Auto Responder, Auto Backup, SEO Tools dan banyak lagi.

    Garansi 30 Hari Uang Kembali

    Kami mengembalikan uang Anda seluruhnya jika Anda merasa tidak puas dengan layanan web hosting Indonesia yang kami berikan.

    Di samping itu, blogger juga merasa terlindungi dengan BitNinja Smart Server Security yang dimiliki Niagahoster.

    1. ANTI HACKER

    BitNinja Cloud server mengumpulkan info serangan dari BitNinja protected server di seluruh dunia & memfilter serangan sejenis di server lainnya.

    1. ANTI DDOS ATTAC

    Module keamanan port honeypot, Log Analysis & Dos Sensor BitNinja menganalisa setiap koneksi & memblokir koneksi yang berpotensi serangan.

    1. ANTI SPAMMER

    Fitur Botnet Protection & IP Reputation BitNinja memfilter IP berbahaya di seluruh dunia & memblokirnya.

    Nah, tunggu apalagi buat para blogger pemula yang masih bergantung pada domain gratis segera beralih ke TLD dan miliki hosting terbaik di Niagahoster.

    Hadirnya revolusi industri 4.0 memberikan peluang bagi para blogger baik senior maupun pemula. Hal ini ditandai dengan beralihnya industri ke dunia online membuat blogger kebanjiran job dalam hal mempromosikan barang dan jasa.

    Semakin banyak peluang, tentunya ada nilai lebih yang dituntut dari seorang blogger untuk mampu menghasilkan konten yang berkualitas dengan berbagai pendukung artikel seperti foto, infografis, video dan tentunya disukai mesin pencari google.

    Tantangan-tantangan tersebut dapat diatasi melalui tips sederhana yang sudah diuraikan di atas. Nah, tentu tujuannya untuk sukses sebagai blogger pemula di dunia online. Salah satu pendukungnya adalah memiliki Hosting Terbaik di Niagahoster. Ini ceritaku menghadapi tantangan revolusi industri 4.0, kalau kamu punya tips lain, yuks share di kolom komentar.

    Sumber:

    1. www.niagahoster.co.id
    2. Niagahoster Youtube Channel
    3. www.istockphoto.com
    Categories: Blog

    55 Comments

    Asty · March 22, 2019 at 2:37 pm

    Tampilan artikelnya bagus banget Mbak, saya sampai terpukau melihat dan mau ndak mau membacanya dari atas sampai akhir. Nyenengin memang membaca blog yang memiliki artikel berkualitas dan membuat pembaca menjadi ingin belajar lebih dan lebih lagi

      ardasitepu · March 22, 2019 at 3:24 pm

      Terima kasih Mba Asty sudah berkunjung ke blog saya.

    Astin Astanti · March 22, 2019 at 2:38 pm

    Setuju nich, semakin berkembangnya dunia internet, semakin banyak peluang-peluang dan kesempatan untuk para warga negara pada umumnya, dan para blogger khususnya untuk meningkatkan kemampuannya dan bersaing dengan blogger lain secara konten yang disuguhkan. Mbak, infografisnya keren banget ,

      ardasitepu · March 22, 2019 at 3:24 pm

      Makasih selamat berjuang menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0

    lianny hendrawati · March 22, 2019 at 9:19 pm

    Nah masalah desain infografis dan bikin video itu aku masih belum bisa *emak2 gaptek. Harus banyak belajar nih agar tampilan blog lebih hidup dan menarik seperti di postingan ini. Nomor satu memang tetaplah isi konten, tapi kalo ditunjang dengan foto/video/infografis yg menarik pastilah akan mengundang banyak pembaca 🙂

      ardasitepu · March 23, 2019 at 1:54 am

      Iya mbak, semoga kita bisa belajar terus.

    Rach Alida Bahaweres · March 23, 2019 at 2:37 am

    Yap aku pun terpukau dengan desain tulisan ini. Keren mba. Dan memang tantangan untuk menjadi blogger saat ini memang tak mudah ya mba. Termasuk belajar SEO yang hingga kini masih harus aku pelajari

      ardasitepu · March 23, 2019 at 2:51 pm

      Semangat mbak, aku pun terus belajar soal SEO biar lebih eksis di google hehe

    Keke Naima · March 23, 2019 at 6:31 am

    Revolusi industri 4.0 memang menantang. Tetapi, juga jadi banyak dimudahkan seperti kalau belanja, udah bisa dilakukan tanpa harus ke luar rumah. Gak perlu berhadapan dengan macet, cari parkir, dll

      ardasitepu · March 23, 2019 at 2:51 pm

      Iya mbak banyak kemudahan dan tantangannya juga luar biasa untuk para blogger.

    Afifah Mazaya · March 23, 2019 at 1:03 pm

    Nama era sudah seperti nama android, ya. Ada angka dan titik. Jadi ingat dulu ada pelajaran Sejarah bab Revolusi Industri. Yang disebutkan hanya era kemunculan mesin seperti mesin uap. Padahal, revolusi industri berlangsung terus. Dan harus makin banyak belajar supaya nggak ketinggalan.

      ardasitepu · March 23, 2019 at 2:50 pm

      Yuks semakin banyak belajar mbak apalagi memang dibituhkan hosting yang mumpuni biar mendukung kemampuan web kita.

    Jiah · March 23, 2019 at 1:56 pm

    Aku tergolong blogger lama tapi baru dan masih banget butuh belajar. Editing foto dan video ini penting tapi suka malas2 san karena memang butuh waktu banget untuk ini

      ardasitepu · March 23, 2019 at 2:50 pm

      Sama2 belajar mbak, saya juga baru mengenal dan memperbaiki blognya biar lebih baik lagi.

    Isti Adzah Rohyati · March 23, 2019 at 3:08 pm

    Now I know kenapa Mbak Arda ini jadi langganan menang blog. Ya gimana nggak menang kalau artikelnya cakep begini? Nggak cuma pemaparannya yang bagus, tapi infografisnya jujga kece2. :)))
    Aku perlu belajar sama mbak Arda ini. Tolong ya, buka kelas online. Aku mau daftar jadi murid pertama. 🙂

      ardasitepu · March 23, 2019 at 3:46 pm

      Wah haha mbak mujinya berlebihan, kita masih sama2 belajar mbak e. Nanti kalau ada kesempatan kita belajar bareng ya.

    Inda Chakim · March 23, 2019 at 3:55 pm

    Makasih mbk arda udah diingetin. Yg bagian infografis buat blog nih yg masih pr banget buat aku. Sama ini deh bagian hosting. Dr dlu pengen2 trus tp blm aja dilakonin sampek skrg. Atau apa aku ke niagahoster aja yak. Iya deh gt aja. Makasih rekomendasinya ya mbk

    Reyne Raea (Rey) · March 23, 2019 at 4:29 pm

    Keren mba, salut deh ama temen2 yang kreatif dalam info grafis, saya masih harus belajar banyak di mba Arda nih.

    Sebagai blogger pemula, saya jadi banyak terbantukan dengan tulisan ini 🙂

      ardasitepu · March 24, 2019 at 3:40 pm

      Iya mbak, senang dengan belajar sesuatu yang baru dan saya suka mencuri ilmu dari banyak blogger lainnya.

    Elly Nurul · March 23, 2019 at 4:34 pm

    Mantul (mantab betul) kalo kata anak jaman now.. selalu suka membaca tulisan mba Arda, selain bahasanya jelas dan mudah mengerti, materinya juga up to date banget.. sangat bermafaat bagi para pembaca setia blog mba Arda

      ardasitepu · March 24, 2019 at 3:39 pm

      Makasih mbak Elly, soalnya saya suka bahas yang ringan-ringan biar senang mampir kemari.

    Rohyati Sofjan · March 23, 2019 at 6:29 pm

    Tulisannya mengalir lancar, Mbak. Silengkapi dengan infografis yang keren serta gambar bergerak. Bagus banget. Semoga menang lombanya, ya. Jagoan, nih, Mbak Arda ini. Memadukan tulisan dan deain cakep.
    Saya setuju dengan poin di atas. Narablog pemula memang sebaiknya menguasai dasar kepenulisan. Silakan berproses sambil bekerja dan belajar.

      ardasitepu · March 24, 2019 at 3:39 pm

      Makasih mbak Rohyati. Mari belajar terus soal menang dan kalah itu mah biasa yang penting kita bisa sama-sama berbagi untuk kebaikan.

    Diah · March 23, 2019 at 11:18 pm

    saya juga nih harus banyak belajar, salah banyaknya belajar membuat video dan grafis biar orang bisa betah juga di blog. Walau jujur malu iih bervideoan gitu, hihihih, saya gak PD orangnya nih Mbak, hihihih.
    Salah satu PR juga naikin followers medsos, secara sekarang syaratnya boookk,followers sekian sekian sekian, huhuhuh..
    Saya sukanya mampir disini, info grafisnya keren euy, kontennya juga apalagi 🙂

      ardasitepu · March 24, 2019 at 3:38 pm

      Iya benar apalagi sekarang nyari followers yang real jadi PR banget dan tuntutan klien sosmed-nya juga harus kece hehe

    Anne Adzkia · March 24, 2019 at 12:40 am

    Tampilan blognya seru banget, infografisnya kece. Gak cocok ah disebut blogger pemula, hehehe. Ini blogger pro banget, yg udah meningkatkan banyak skillnya. Keren, jd menginspirasi saya. Saya punya channel youtube, tapi gak terlalu suka bikin video. Jd mmg belum jd blogger maksimal ya.

      ardasitepu · March 24, 2019 at 3:37 pm

      Haha beneran pemula saya mbak, baru 3 tahun dibanding dengan mbak yang sudah tahunan.

    Lidya · March 24, 2019 at 12:46 am

    Hadirnya internet sampai ke pelosok negeri harus diimbangi dengan ilmu juga buat mereka pemakainya ya, jadi gak hanya asal pakai tapi tau etika juga cara menambah income untuk para UKM.
    Blogger full time juga harus selalu upgrade diri ya mbak engikuti perkembangan.

      ardasitepu · March 24, 2019 at 3:37 pm

      Upgrade diri dengan perkembangan jaman dan tentunya terus belajar ya mbak.

    Noorma Noofa Nooha · March 24, 2019 at 12:57 am

    Ajaib makin ke sini jaman makin berkembang dan signifikan. Semoga kita semua bisa ambil manfaat dari perkembangan jaman ini ya mba. Ttep jadi orang yang berjejak baik di internet

      ardasitepu · March 24, 2019 at 3:36 pm

      Iya orang akan abadi saat dia menulis dan meninggalkan jejak di internet.

    Rosanna Simanjuntak · March 24, 2019 at 1:24 am

    Idem sama Mba Lianny, untuk info grafis dan edit video, aku masih harus banyak belajar. Lagi dan lagi.

    Baidewei mba Arda pakai platform apa?
    Wordpress atau blogger?

    Sri Widiyastuti · March 24, 2019 at 1:28 am

    Salfok sama kata kata yang terbang itu. Gimana cara buatnya mbak? Hanya bisa dibuat di blog dengan template wordpress ya mbak?

    Natara · March 24, 2019 at 1:58 am

    Iyess kak bener banget harus ada sesuatu yang beda gitu supaya bisa tetap stay di dunia perblogeran ini, kaya tulisan ini nih, asli aku kagum banget ama blog mu mbak

      ardasitepu · March 24, 2019 at 3:35 pm

      Makasih mbak, ayuk tetap semangat biar terus terjaga di dunia perbloggeran.

    Uniek Kaswarganti · March 24, 2019 at 2:54 am

    Hosting yg bagus juga pengaruh terhadap kualitas blog ya mba. Kadang kan ada tuh yg suka down pas lagi diakses. Bikin kesel yg baca sih klo gitu.

      ardasitepu · March 24, 2019 at 3:35 pm

      Hosting kece menambah performa blog. Jadi mari pilih yang kece mbak, hehe.

    Indah Nuria · March 24, 2019 at 2:55 am

    Tips dan tricksnya kereen banget mba! Love all the details you put here! And for sure bermanfaat banget buat aku yg smasih suka belajar

      ardasitepu · March 24, 2019 at 3:34 pm

      Makasih mbak Indah, kita semua sama-sama belajar.

    susie ncuss · March 24, 2019 at 5:25 am

    aku juga paling males kalau bikin infografis karena butuh waktu yang cukup lama dibandingkan hanya pos foto saja.
    baiklah, aku harus belajar lebih banyak nih biar survive 😀

      ardasitepu · March 24, 2019 at 3:34 pm

      Hehe sama sih mbak, cuma apa boleh buat sekarang tuntutannya seperti itu.

    lendyagasshi · March 24, 2019 at 8:53 am

    Jadi ingat buku-buku yang ditulis Prof. Rhenald Kasali mengenai Evolusi Industri 4.0
    Bikin aku manggut-manggut, ternyata…ada banyak yang harus berubah seiring berkembangnya jaman.

      ardasitepu · March 24, 2019 at 3:34 pm

      Yup, banyak yang berubah termasuk permintaan klien hihi

    Ida Tahmidah · March 24, 2019 at 12:10 pm

    Sebagai blogger yg sdh bukan oemula jg ini masib jadi peer besar saya nih..terutama.desain grafis n video editing 🙂

      ardasitepu · March 24, 2019 at 3:33 pm

      Hayusk kita sama-sama semangat mbak, masih ada jalan dan waktu.

    Echi mustika · March 24, 2019 at 12:37 pm

    Tips ngobloknya keren banget dehhh ak masih agak bingung SEO

      ardasitepu · March 24, 2019 at 3:32 pm

      Sama mbak, soalnya saya juga baru belajar hehe

    Citra · March 26, 2019 at 8:05 am

    Setuju dengan ini kak “Revolusi industri 4.0 banyak merubah wajah perusahaan atau entrepreneur saat ini. Mau tidak mau, perusahaan akan beralih ke internet untuk menjajakan barang dagangannya agar menghasilkan pemasukan yang tetap atau bahkan lebih.” Kalau mau berkembang mesti punya website juga

      ardasitepu · March 26, 2019 at 9:54 am

      Yup blogger bersiap untuk ikuti revolusinya kan mbak.

    rrythien · March 29, 2019 at 10:03 pm

    Kenapa saya fokus ke gambarnya ya mbak?
    Takjub ketika membacanya dan tidak sadar bahwa artikel yang dibaca sudah mencapai akhir hehehe

    Menyusung revolusi industri 4.0, hal terpenting sepertinya yang saya tangkap kita harus lebih melek dengan dunia internet terutama untuk bidang industri kreatif karena semakin kemari semua sangat berkatitan industri kreatif.
    Mau tidak tahu, kita harus juga belajar bagaimana cara menghasilkan karya dari hal terkecil terlebih dahulu dan terus belajar ke depannya.

    Huh terima kasih mbak, setelah membaca artikel diatas, kepala saya jadi sedikit terbuka untuk terus belajar dan mengasah kemampuan di bidang industri karena kita akan sangat terlibat didalam meskipun kita menolak.

    handriati · March 30, 2019 at 3:09 pm

    Mampir kesini dibuat takjub, tampilannya cakep amat mba artikelnya. Tulisannya OK, grafisnya juga mendukung 🙂

    Ika Puspita · April 1, 2019 at 2:16 am

    Jadi blogger di era industri 4.0 harus lebih kreatif dan terus memperbarui ilmu tentang dunia Blogging kalau tidak ingin ketinggalan dalam memenuhi kebutuhan klien.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    error: Content is protected !!