Sedari lahir sampai saat ini, mungkin sudah sampai 10 kota yang pernah dijelajahi dan bernaung di sana. Hal ini dikarenakan pekerjaan Ibu yang sebagai guru jaman dulu yang harus berpindah-pindah dari satu kota ke kota lainnya.

Kota-kota yang pernah ditinggali tersebut pernah menorehkan berbagai pengalaman, kenangan dan rasa yang mungkin sulit untuk dilupakan. Bahkan saat ini, kota tersebut sudah jarang dikunjungi karena jarak yang sudah tak dekat lagi. Berikut 5 (lima) kota yang pernah ditinggali dan penuh dengan kenangan:

  1. Kota Binjai

Mungkin teman-teman sudah tidak asing lagi dengan kota Binjai. Kota yang terkenal dengan rambutan dan kebersihan kotanya. Kota ini merupakan kota kedua setelah Berastagi tempat kelahiran saya. Kota Binjai adalah awal saya menapak pendidikan di mulai dari Sekolah Dasar sampai kepada Sekolah Menengah Umum.

Kota ini memiliki udara yang cukup panas/gerah, penuh dengan berbagai jenis makanan. Apalagi terdapat tempat favorit makanan yang dinamakan โ€œPasar Kagetโ€ yang dibuka setiap sore sampai tengah malam.

Kota ini memberikan kenangan tersendiri karena orang tua saya akhirnya menetap di sini dan saat kaki melangkah jauh pun akan selalu kembali ke kota ini.

2. Kota Bogor

Kota selanjutnya yang akan selalu teringat dalam kenangan adalah kota Bogor yang terkenal dengan kota hujan. Saat memberanikan diri pergi ke Pulau Jawa untuk kuliah maka kota yang didatangi pertama adalah kota Bogor karena tinggal di rumah keluarga selama tes sana-sini untuk mencari tempat kuliah yang tepat. ย 

3. Kota Depok

Akhirnya menetap cukup lama di Kota Depok, kota di mana tempat mengais pendidikan untuk memperoleh gelar sarjana. Kota dengan seribu kos-kosan dan makanan yang murah-meriah ala anak kos-kosan.

Kota yang memberikan cerita tentang perjuangan hidup untuk menyelesaikan masa perkuliahan. Masa-masa kerapuhan terhadap hati, ceile… Kota yang memberikan sejuta rasa di setiap sudutnya.

4. Kota Jakarta

Kota yang satu ini tentunya semua orang pasti pengen mendatanginya. Tepatnya di Jakarta Selatan pernah bekerja kurang lebih 10 tahun. Kota yang walaupun penuh dengan kemacetan, namun tentunya tidak terlupakan, apalagi siang malam mengais rezeki di kota ini.

Tempat yang asik untuk nongkrong di berbagai mall dengan sajian makanan serta entertainment yang tentunya lebih dari kota-kota besar lainnya. Di samping itu, kota ini juga memberikan kenangan terhadap 3 (tiga) kantor yang pernah dijelajahi dan memberikan banyak ilmu terkait bidang keuangan dan perpajakan. Mungkin kota inilah yang meninggalkan banyak kenangan terhadap sebuah persahabatan.

5. Kota Balige

Kota terakhir adalah Balige, kota kecil di mana rumah yang langsung menghadap ke arah danau. Kota di mana penempatan dinas pertama suami, tempat di mana anak sulungku di besarkan dan begitu banyak pemandangan alam yang dapat dijelajahi.

Kota yang terkenal dengan bumbu andaliman, sehingga selalu kangen dengan setiap olahan makanan yang dicampur dengan bumbu tersebut. Kota yang memberikan makna mendalam terkait pelayanan di gereja.

Kota-kota di atas adalah kota yang sulit untuk dilupakan dan pernah mengiringi perjalanan hidup. Semoga dalam waktu dekat dapat kembali berkunjung ke kota-kota tersebut dengan senyuman lebar untuk membuka kembali kenangan lama yang menjadi goresan indah dalam setiap perjalanan hidup.

Categories: Blog

21 Comments

lita chan lai · April 26, 2019 at 8:53 pm

seru ya kalau udah ngerasain semua kota. emang tiap2 kota pasti punya kenangan tersendiri baik suka maupun duka.

    Hidayah Sulistyowati · April 27, 2019 at 4:18 pm

    Aku penasaran dengan Balige, pasti tempat nya berudara sejuk ya. Aku membayangkan seperti di puncak gitu, sejuk, bersih udaranya, dan bikin lapar terus, hahahaa

emanuella aka nyonyamalas · April 26, 2019 at 10:32 pm

Hanya satu dari lima kota yang Kakak sebutkan, Binjai, belum pernah saya datangi Kak…. Jadi penasaran ๐Ÿ™‚ kota ini terkenal dengan rambutannya bukan ya?

Mechta · April 27, 2019 at 1:57 am

Bogor adalah salah satu yg pernah kudiami juga. Penuh kenangan selama 4 tahun menimba ilmu di sana โ˜บ๏ธ

Uniek Kaswarganti · April 27, 2019 at 5:01 am

Mba, Balige tuh klo ga salah dijadikan setting novel Toba Dream ya. Digambarkan di novel ya seperti itu, menghadap Danau Toba.

Aku hampir seumur hidup tinggal di Semarang mba. Lahir, besar, menikah dan beranak pinak ;)) Hanya pernah kerja selama 4 bulan di Madiun. Trus balik lagi ke Semarang. Emang jatah jaga gawang di kota kelahiran kayaknya.

Ira Hamid · April 27, 2019 at 5:41 am

Hmmm, saya baru tinggal di 2 kota aja, yaitu kota yang saat ini saya tempati (Baubau) dan kota tempat saya kuliah (Makassar) ๐Ÿ™‚

CatatanRia · April 27, 2019 at 2:54 pm

Wah sudah ada 5 kota yang pernah di tinggali ya Mba, pasti ada banyak pengalaman dan kenangan seru di setiap kotanya

Hidayah Sulistyowati · April 27, 2019 at 4:18 pm

Aku penasaran dengan Balige, pasti tempat nya berudara sejuk ya. Aku membayangkan seperti di puncak gitu, sejuk, bersih udaranya, dan bikin lapar terus, hahahaa

Helena Magdalena · April 27, 2019 at 4:48 pm

Pengennya balik ke Kota Depok ya Neni, ambil s2 hahahaha.. buat nambah ilmu dan bikin sekolahan di kota kita sekarang ini.

Farida Pane · April 27, 2019 at 6:33 pm

Bogornya dekat perbatasan Depokkah saat ikut tes sana-sini buat kuliah? Kalau iya, kayaknya dekat nih, sama tempat tinggalku dulu.

herva yulyanti · April 27, 2019 at 10:41 pm

tahun 2014 aku pernah ke Binjai mba karena memang ada cabang di sana..mendiang driver yang jemput aku itu kalau bawa mobil ga pake rem aku sampe doa aja dalam hati wkwkwk…

dan bumbu andaliman bikin aku penasaran mba jadi pengen cobain masakan itu :p

Rach Alida · April 28, 2019 at 12:28 am

Menyenangkan sekali bisa pernah berdiam di lima kota dan semuanya penuh kenangan mba. Jadi makin banyak teman dan saudara ya mba

Indah Nuria · April 28, 2019 at 12:39 am

Wah lumayan banyak juga yaaa kota yang sudah pernah ditinggalinya mba dan semuanyapenuh dengan kenangan yang penuh warna

Nia K. Haryanto · April 28, 2019 at 1:21 am

Wah, pernah tinggal di Pulau Jawa juga ya Mbak Arda ini. Keren deh, bisa jauh-jauh gitu. Pastinya jadi punya banyak kenanngan. Aku mah masih di sini-sini ajaaa. Ihiks… pengen kuliah di Jogja pun gak dibolehin sama ortu. Makanya sekarang bawaannya kepengen piknik aja. Masa muda kurang piknik ๐Ÿ˜€

Nyi Penengah Dewanti · April 28, 2019 at 1:44 am

Mba Arda melanglang buana heheheh
aku juga sempat berpinadah-pindah waktu kecil
pas bapak belum jadi pns jadi pindah sana ke sini

April Hamsa · April 28, 2019 at 1:57 am

Owalah Mbak Arda dulu kuliah di Depok?
Binjai dan Balige belum pernah ๐Ÿ˜€
Aku juga ngitung kota yg kutinggali ah, Surabaya, Jakarta, Depok, Bogor. Ngarep kelak bisa menjelajah banyak kota dan lebih jauh lagi aamiin ๐Ÿ˜€

lendyagasshi · April 28, 2019 at 2:23 am

Kalau ingat Binjai, ingat buah rambutan yang sering dijual di Jawa juga dengan tulisan “Asli Rambutan Binjai”
Padahal, rambutan asli sana dijamin enyaakk~
Dengan kulit yang tipis dan daging buah tebal.
Nyaamm~

Siti hairul · April 28, 2019 at 9:10 am

Aku belum pernah tinggal di kota-kota di Sumatra. Cuman pernah berkunjung aja mbak. Yang berkesan banget buat saat main ke Batam.

Gurukecil · April 28, 2019 at 12:31 pm

Saya baru dua kota saja mbak.. Salatiga dan Purwodadi. Bahkan ada impian untuk bisa memiliki rumah sendiri di Salatiga. Karena saya sangat suka suasana kotanya. Sejuk dan damai

Ida Tahmidah · April 28, 2019 at 2:42 pm

Asyik ya jd banyak pengalaman dan kenangan ..kalau saya dr dulu hanya banding cimahi saja hehe..

Desi Namora · April 28, 2019 at 4:04 pm

Wahhh Kak Arda udah pindah2 dan mengecap rasa setiap kota besar ya. Pasti banyak ilmu n kangennya ya Kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!